Jumat, 19 Juli 2013

Hutan Merana Hidup Sengsara

Jika kita melihat kota sebesar ini,,pernahkan kita membayangkan hutan yang lebat dengan daunnya?? Hutan yang indah jika tertiup semilirny angin??? Rasanay tidak mungkin jika kita terus menerus memapas adanya hutan di bumi ini,setiap hari yang kita temui hanyalah polusi udara yang membuat nafas terengap-engap dan debu dimana-mana. Negara Kita, Indonesia memiliki kawasan hutan yang sangat luas dan beraneka ragam jenisnya dengan tingkat kerusakan yang cukup tinggi akibat pembakaran hutan, penebangan liar, dan lain sebagainya.Mungkin selama ini kita tidak sadar bagaimana bahayanya polusi untuk kesehatan??bagaimana besarnya manfaat hutan untuk kesehatan??
Yaa… Hutan memiliki banyak manfaat untuk kita semua. Hutan merupakan paru-paru dunia (planet bumi) sehingga perlu kita jaga karena jika tidak maka hanya akan membawa dampak yang buruk bagi kita di masa kini dan masa yang akan datang. Apa jadinya jika hutan di bumi ini sudah tidak ada lagi?? Salah satu hilangnya hutan dikarenakan terjadinya penebangan hutan/ pepohonan secara liar.
Penebangan hutan secara liar akan berdampak pada bencana kekeringan. Pepohonan biasanya mempunyai fungsi menahan air,tidak lagi berfungsi akibat kekeringan. Air hujan akan langsung mengalir ke laut dan cadangan air tanah menjadi tidak ada. Salah satu akibat dari penenbangan hutan secara liar adalah banjir dan untuk menceegah abnjir, tindakan penebangan hutan secara liar harus dihindari, Jika penebangan tersubut dibiarkan begitu saja, tidak ada kata mustahil akan terjadi banjir terus-menerus yang akan membawa banyak korban lagi. Sunnguh memilukan sekali bukan??
Nah, ketika bencana banjir itu datang,siapa yang  menjadi korbannya? Yang menanggung bahaya itu ya manusia itu sendiri,Justru orang yang melakukan penenbangan hutan tersebut selamat, sementara yang kena dampaknya adalah manusia lain yang tidak tahu menahu akan penebangan liar yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung  jawab terhadap pelestarian hutan tersebut.
Untuk itu, Sebagai seorang siswa dan generasi penerus, bangsa kita wajib melestarikan hutan. Karena melestarikan hutan merupakan hal yang wajib bagi setiap manusia dan warga Negara,dan tanpa terkecuali. Hutan yang rusak akan mengancam kehidupan bermasyarakat, Misalnya, peningkatan suhu panas bumi atau global warming.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar